Jumat, 26 Februari 2016

ALAT KESEHATAN BEDAH STAINLESS

INSTRUMEN DALAM PRAKTIK KEBIDANAN
ALAT KESEHATAN BEDAH YANG TERBUAT DARI STAINLESS
Dosen Pengampu : Siti Chunaeni, S.Kep,Ns. M.Kes





Disusun Oleh :
Annisa Intan Puspitasari         P1337424215005
Kartika Utami                         P1337424215008
Rahma Fauziah Saputri           P1337424215011
Rozalia Ayu Sagita D.O         P1337424215012
Ivana Argo Cahyani                P1337424215020
Nita Dwi Suryani                    P1337424215035
Nuril Hidayati                         P1337424215043
Revadia Zikri Syukria             P1337424215044

PRODI DIII KEBIDANAN MAGELANG
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG
2015/2016


INSTRUMEN PEMOTONG
1.      Scalpel
Scalpel adalah pisau yang biasa digunakan untuk operasi (pisau bedah). Dalam beberapa literatur (katalog) ada yang menyebutnya dengan nama BISTOURY. Pisau bedah ini terdiri dari dua bagian yaitu gagang dan mata pisau (mess/bistouri/blade). Kegunaan scalpel adalah untuk menyayat berbagai organ atau bagian tubuh manusia. Mata pisau disesuaikan dengan bagian tubuh yang akan disayat.
Gunting
2.      Gunting Jaringan (bedah)
 
Gunting jaringan (bedah) terdiri atas dua bentuk. Pertama, berbentuk ujung tumpul dan berbentuk ujung bengkok. Gunting dengan ujung tumpul digunakan untuk membentuk bidang jaringan atau jaringan yang lembut, yang juga dapat dipotong secara tajam. Gunting dengan ujung bengkok dibuat oleh ahli pada logam datar dengan cermat. Pemotongan dengan gunting ini dilakukan pada kasus lipoma atau kista. Biasanya dilakukan dengan cara mengusuri garis batas lesi dengan gunting. Harus dipastikan kalau pemotongan dilakukan jangan melewati batas lesi karena dapat menyebabkankerusakan.
3.      Gunting Mayo
Gunting Mayo adalah gunting besar yang dirancang untuk memotong sruktur yang liat, misalnya fascia dan tendo.



4.      Gunting Metzenbaum
Gunting metzenbaum berukuran lebih kecil dan digunakan untuk memotong jaringan.

5.      Gunting perban
Gunting perban merupakan alat yang digunakan dengan fungsi memotong. Jelas dari nama yang dimiliki gunting perban ini, fungsinya adalah untuk menggunting perban. Selain untuk memotong perban, gunting perbang ini berfungsi untuk menggunting plaster atau juga untuk menggunting bahan-bahan yang tidak steril.




6.      Gunting benang
Gunting untuk benang biasanya pendek, lebih berat, bladenya mempunyai sisi
ketajaman yang bergerigi. Fungsinya untuk memotong benang (katun, sutera, nilon, dan stainless steel).

INSTRUMEN PEMEGANG
7.      Klem khocer
Klem khocer atau klem penggenggam dirancang untuk memegang kulit dengan kuat sehingga dapat ditarik dan tidak menimbulkan kerusakan jaringan, khususnya pembuluh darah. Dengan kata lain klem khocer berfungsi untuk menjepit jaringan.
8.      Doek Klem
Doek klem,alat yang digunakan untuk menjepit kain, terutama kain operasi, yaitu kain linen yang tengahnya berlobang yang diletakkan diatas tubuh yang mau dioperasi
     






9.      Tang
Tang seperti penjepit dapur yang memungkinkan ahli bedah untuk memahami dan tahan jaringan kulit tegas. Apakah itu memegang bagian dari usus atau menjepit arteri selama operasi, orang selalu dapat mengandalkan forsep tersebut. Juga, alat ini bedah datang dalam berbagai ukuran sehingga ahli bedah dapat memilih salah satu tergantung pada kebutuhan khususnya.
INSTRUMEN PENARIK
10.  Forceps
Forceps adalah suatu alat obstetric yang terbuat dari logam yang digunakan untuk membantu kelahiran bayi dengan cara tarikan kepala. Bentuk forceps seperti pengait dengan kaitan berbentuk elips. Alat ini digunakan untuk menarik bayi dengan mengaitkannya di daerah sekitar telinga. Ini biasanya dilakukan jika bayi sudah turun ke daerah serviks tetapi mengalami kelelahan/kesulitan bernafas atau sering juga disebut fetal distress, sehingga pergerakan berhenti dan tidak turun ke bawah. Penggunan alat ini biasanya disertai dengan penggunaan anastesi karena menimbulkan rasa nyeri.
 












11.  Tongue Depressor


Alat ini digunakan untuk memeriksa lidah pasien. Setelah digunakan alat ini dapat dicuci dan digunakan kembali. Nama lain untuk Tong spatel adalah: tongue depressor atau penekan lidah. juga sering di sebut Tongue Blade (bahasa inggris) dan Zungenspatel (bahasa jerman).
Fungsi tongue Spatel atau tongue depressor adalah untuk menekan lidah, agar dapat melihat lebih jelas keadaan di dalam tenggorokan, apakah ada kelainan-kelainan, misalnya ada peradangan seperti pharyngitis,amandel,dll.
Penggunaan Alat ini dengan cara menekan lidah pasien sehingga keadaan di dalam tenggorokan bisa terlihat dengan jelas.

Pinset
12.  Pinset Anatomi
Pinset Anatomi memiliki ujung tumpul halus. Alat ini dapat menggenggam objek atau jaringan kecil dengan cepat dan mudah, serta memindahkan dan mengeluarkan jaringan dengan tekanan yang beragam. Pinset Anatomi ini juga digunakan saat jahitan dilakukan, berupa eksplorasi jaringan dan membentuk pola jahitan tanpa melibatkan jari.

13.  Pinset Chirurgis
Pinset Chirurgis biasanya memiliki susunan gigi 1x2 (dua gigi pada satu bidang). Pinset bergigi ini digunakan pada jaringan; harus dengan perhitungan tepat, oleh karena dapat merusak jaringan jika dibandingkan dengan pinset anatomi (dapat digunakan dengan genggaman halus). Alat ini memiliki fungsi yang sama dengan pinset anatomi yakni untuk membentuk pola jahitan, meremove jahitan, dan fungsi-fungsi lainnya.
14.  Nalpuder Hecting
Nalpuder Hecting adalah alat yang digunakan untuk membantu proses menjahit luka dan juga untuk menjepit benang


INSTRUMEN DENGAN FUNGSI MENGHENTIKAN PENDARAHAN
15.  Klem arteri pain
Klem arteri pean merupakan alat untuk menjepit (memegang/menekan) sesuatu benda. Klem ini ada dua jenis yang lurus dan bengkok. Kegunaanya adalah untuk hemostatis untuk jaringan tipis dan lunak. Klem arteri bermanfaat untuk menghentikan pendarahan pembuluh darah kecil dan menggenggam jaringan lainnya dengan tepat tanpa menimbulkan kerusakan yang tidak dibutuhkan. Secara umum, klem arteri dan needle-holder memiliki bentuk yang sama.

INSTRUMEN DENGAN FUNGSI MENJAHIT
16.  Needle holder
Needle holder merupakan salah satu alat yang termasuk dalam instruman dasar bedah minor. Penjahitan luka adalah suatu tindakan untuk mendekatkan tepi luka dengan benang sampai sembuh dan cukup untuk menahan beban fisiologi. Needle holder berfungsi untuk memegang jarum saat melakukan penjahitan luka dalam jaringan. Needle holder ini terbuat dari stainless steel yang merupakan bahan anti karat.
 







17.  Suture needle
Suturu needles (Surgical needles) digunkana untuk  menjahit luka, umumnya luka operasi. Pada umumnya terbuat dari logam (stainless steel). Biasanya jarum-jarum bedah dijial tersendiri, lepas dari benang badahnya. Tapi sekarang banyak dijual jarum-jarum bedah berikut benangnya dalam kemasan satu-satu. Jarum yang demikian disebut Atroumatic needle, karena menimbulkan trauma, sebab benang tersebut langsung dijepit kedalam ujung jarum yang satunya lagi.

 








BAK INSTRUMEN
18.  Bengkok
Bengkok adalah alat yang menyerupai organ ginjal. sebagai tempat untuk meletakan alat-alat kesehatan bekas pakai.

19.  Bak Instrumen 508
Bak Instrumen 508 adalah wadah untuk tempat instrumen operasi seperti gunting, klem dan keperluan operasi lainnya. Biasanya alat yang disimpan disini dalam keadaan steril (sudah di sterilisasi)
20.  Paratus Case
Paratus Case atau sering dikenal dengan nama PARATUS ETUI atau PARATUS CASE . Dikalangan dunia medis biasa digunakan sebagai penyimpanan alat suntik dan terbuat dari logam SS ( Stainless Steel ). Partus ini ada yang spesial untuk alat suntik 2,5cc dan untuk 5cc.
LAIN-LAIN
21.  Jarum Bedah
Sering di sebut juga hechting, biasanya digunakan untuk menjahit luka, umumnya luka
operasi. Bahan yang di gunakan umumnya terbuat dari logam SS (Stainless Steel).
Macam-macam jarum bedah
Lurus Curve : ½  Curve, ¼ Circle, ½ Circle, 3/8 Circle, dan 5/8 Circle
22.  Jarum Suntik
Jarum hipodermik atau jarum suntik adalah jarum yang secara umum digunakan dengan alat suntik untuk menyuntikkan suatu zat ke dalam tubuh. Jarum ini juga dapat digunakan untuk mengambil sampel zat cair dari tubuh, contohnya mengambil darah dari urat darah halus pada venipuntur. Jarum suntik digunakan untuk memasukkan obat, atau ketika zat yang disuntikkan tidak bisa ditelan, maupun karena tidak akan diserap (seperti insulin), atau karena akan melukai hati.





23.  Currete
Currete adalah alat kesehataan yang biasanya digunakan untuk proses kuret atau untuk membantu memberishkan dari placenta, ovum pada waktu keguguran. Untuk memberishkan dari placenta, ovum pada waktu keguguran. biasanya digunakan dalam bidang obsgyn (obstetrics &Gynaecology)







CARA STERILISASI
Cara menstarilisasikan instrumen alat kesehatan bedah yang terbuat ini sama, dimana prosedurnya sebagai berikut:
- Direndam dalam larutan clorin -/+ 10 menit.
- Setelah direndam, disabun dan disikat hingga bersih.
- Bilas (menggunakan air yang mengalir) dan dikeringkan.
- Kemudian direbus dalam air mendidih -/+ 30 menit, atau masukkan dalam sterilisator (alat pensteril) selama 15-20 menit.


















DAFTAR PUSTAKA

http://elbawiyah.blogspot.co.id/2011/06/macam-alat-medis.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar